“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Selasa, 01 September 2009

Kista, Kehamilan dan Solusinya




Kista adalah suatu kantung yang berisi cairan kental seperti gel (mukus) atau bisa juga cair (serous). Sebagian besar penyebabnya belum jelas. Dari beberapa literatur menyebutkan bahwa kista berasal dari telur yang gagal berovulasi, ada juga yang menyatakan bahwa kista diproduksi oleh kelenjar-kelenjar yang tertampung di ovarium yang tak bisa dikeluarkan, kemudian dalam waktu yang lama terus membesar. Pada dasarnya kista menempati rongga-rongga yang terdapat di dalam tubuh, tapi yang sering terjadi adalah kista indung telur (Ovarian Cysts).

Kista tidak ada hubungannya dengan kesuburan, artinya pasien yang terkena kista sangat memungkinkan untuk hamil. Akan tetapi bila kistanya terus membesar maka kista tersebut akan memenuhi rongga rahim dan menghalangi pertumbuhan sel telur yang telah terbuahi. Beberapa kekhawatiran bila kista terus membesar adalah :

  1. Bila kista terjadi pada ibu hamil dan terus membesar kemungkinan kista dapat terpelintir dan pecah, yang dapat menyebabkan emboli dan bisa mengakibatkan kematian,
  2. Apabila kista berkembang menjadi tumor ganas, atau bahkan kanker.

Dalam dunia kedokteran bila sudah terjadi hal yang seperti ini maka tidak jarang diputuskan untuk dilakukan pengangkatan kista atau operasi. Namun hal ini tidak akan menjamin terselesaikan masalahnya, karena selama seorang wanita masih mampu menghasilkan sel telur, maka kemungkinan terjadinya kista akan tetap ada.

Kista yang normal (fisiologis) dengan kista yang tidak normal (patologis) bisa dilihat dari diameternya melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Kista yang fisiologis berdiameter kurang dari lima sentimeter dan bukan cairan biasa.
Sedangkan kista yang patologis umumnya muncul tanpa gejala khusus dan kadang tanpa disadari oleh penderitanya, serta pembesarannya terjadi relatif cepat, karena itu sulit dilakukan diagnosa awal. Bila ukuran kista sudah cukup besar biasanya akan muncul gejala seperti perut yang agak membuncit serta bagian bawah perut yang terasa tidak enak.

Orang awam kadang menganggap kista dapat mengganggu kesuburan, padahal yang mengganggu kesuburan dan sering disalahartikan sebagai kista adalah endometriosis yang berbentuk seperti kista. Endometriosis berupa kelenjar dinding rahim yang abnormal dan tumbuh di luar rahim. Endometriosis bisa mempengaruhi kesuburan dan dapat memicu terbentuknya kista di indung telur, karena secara mekanik dapat mengakibatkan perlengketan-perlengketan yang menyebabkan lepasnya sel telur yang telah matang, sehingga sulit ditangkap fimbriea (ujung tuba fallopi). Akibatnya, pembuahan sulit terjadi.

Dari segi imunologis kista endometriosis dapat menghambat kesuburan, akibat munculnya reaksi-reaksi yang mengganggu fungsi sel telur, sperma, dan embrio secara alami. Dari penelitian ditemukan 40% perempuan yang sulit hamil diketahui memiliki endometriosis pada rahimnya.

Karena operasi kista tidak sepenuhnya menjamin kista tidak akan timbul kembali,maka yang harus dilakukan adalah pengobatan yang bersifat antivirus. Salah satu pengobatan yang dianjurkan adalah dengan pengobatan herbal menggunakan temu putih. Komponen utama temu putih adalah zedoarin, kurdiaona dan kurkumol. Zat-zat tersebut bersifat antineoplastik, yakni merusak pembentukan ribosoma pada sel-sel dan jaringan liar dengan cara meningkatkan pembentukan jaringan fibroblas di sekeliling jaringan tumor/kanker, lalu membentuk lapisan limposit dalam sel-sel/jaringan tumor/kanker dan membungkusnya, sehingga sel-sel/jaringan-jaringan tersebut tidak dapat berkembang, dan memudahkan untuk mengobati penyakit tersebut.

Temu putih juga secara aktif bekerja secara alami menonaktifkan dan memblokir sel kanker leher rahim, kanker payudara, mium, menghentikan pendarahan dan mengurangi nyeri haid, serta mengobati haid yang tidak lancar. Kini semua khasiat temu putih tersebut dapat Anda rasakan dalam kapsul herbal TEMU PUTIH yang telah dikemas secara higienis dan terdaftar di BPOM RI dan telah mendapat sertifikat halal MUI. Dengan meminum kapsul Herbal TEMU PUTIH secara rutin berarti Anda telah melakukan pencegahan sekaligus pengobatan terhadap berbagai penyakit yang sangat ditakuti oleh para wanita.

Oleh : Harmonis Santara

Tidak ada komentar: