“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Rabu, 14 April 2010

Mengapa Wanita Sulit Hamil?

Mandul dalam pengertian yang sederhana adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah selama 1 tahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur dan tidak menggunakan alat kontrasepsi. Untuk pasangan suami istri yang sama sekali belum pernah memiliki anak disebut dengan mandul primer, sedangkan bila sebelumnya pasangan suami istri pernah memiliki anak (minimal 1 kali kehamilan), tetapi kehamilan berikutnya belum berhasil dicapai, maka kondisi demikian disebut dengan kemandulan sekunder. Berbicara masalah kemandulan biasanya seringkali yang menjadi pihak yang dipersalahkan adalah perempuan, padahal tidak selamanya hal ini benar, karena 40 hingga 50% saja kemandulan ada di pihak wanita, sedangkan 40 hingga 50% sisanya disebabkan oleh pihak laki-laki.

Beberapa faktor penyebab kemandulan pada perempuan antara lain adalah :



Adanya Jaringan parut akibat penyakit menular seksual atau endometriosis.

2. Adanya kelainan pada proses pelepasan sel telur oleh ovarium/sel telur (disfungsi ovulasi).

Ovulasi adalah pelepasan sel telur dari ovarium (indung telur) yang biasa terjadi 14 hari sebelum menstruasi . Sel telur inilah yang siap dibuahi oleh sperma pria.

3. Tuba Falopi Tersumbat atau Rusak

Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh salpingitis (peradangan tuba falopi). Selain membuat sulit hamil, salpingitis juga dapat menyebabkan kehamilan di luar kandungan (ektopik). Penyakit menular seksual (PMS) klamidia dapat menyumbat saluran tuba falopi yang menyulitkan keluarnya sel telur. Sekitar 70% sumbatan tuba falopi disebabkan oleh infeksi klamidia.

4. Adanya pertumbuhan abnormal jaringan implan di luar uterus (endometriosis), yang normalnya hanya tumbuh di uterus. Endrometriosis dapat menghalangi proses konsepsi dan perlekatan embrio di dinding uterus.

5. Kekurangan hormon lutein dan hormon perangsang folikel, kondisi ini dapat menyebabkan sel telur tidak dapat dilepaskan (ovulasi).

6. Mengidap Tumor Pituitari

Tumor ini bersifat jinak dan dapat merusak sel-sel pelepas hormon di kelenjar pituitari yang membuat siklus menstruasi pada wanita terhenti.

7. Kelebihan Prolaktin (Hiperprolaktinemia)

Kelebihan hormon prolaktin dapat menyebabkan wanita banyak mengeluarkan ASI meskipun tidak sedang menyusui, hal ini dapat mengganggu ovulasi.

8. Menopause Prematur

Menopause prematur terjadi bila wanita berhenti menstruasi dan folikel ovariumnya menyusut sebelum usia 40 tahun. Beberapa pemicunya adalah kelainan imunitas, radioterapi, kemoterapi dan kebiasaan merokok.

9. Tumor Rahim (Uterine Fibroids)

Tumor jinak di dinding rahim ini sering dijumpai pada wanita usia 30-40 tahun. Tumor ini dapat menyebabkan infertilitas bila menghalangi tuba falopi dan perlekatan telur yang sudah dibuahi di dinding rahim.

10. Kelainan Kelenjar Tiroid (kelebihan atau kekurangan hormon tiroid).

Kelainan ini menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

11. Kelainan Anatomi Bawaan

Kelainan bawaan pada organ reproduksi (Mullerian agenesis) dapat menyebabkan infertilitas. Kelainan ini ditandai dengan tidak berkembangnya vagina atau rahim. Wanita dengan kelainan ini masih dapat punya anak melalui bayi tabung.

12. Gangguan emosi (Stres)

Di dalam kelenjar hipotalamus bekerja neurotransmiter (pengirim pesan kimiawi) untuk mengendalikan hormon-hormon reproduksi dan stres. Tingkat hormon stres yang tinggi dapat mengganggu sistem reproduksi.

13. Terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Bila Anda termasuk ke dalam kategori orang yang susah hamil, maka ada baiknya memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui secara medis faktor penyebabnya. Bila secara medis masih memungkinkan untuk hamil namun ada beberapa kendala sehingga membutuhkan terapi atau bantuan obat tertentu, tidak ada salahnya Anda mencoba Lin NISA. Lin NISA adalah kapsul herbal yang diramu dengan berbagai bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang mengkhawatirkan. Secara spesifik Lin NISA berfungsi menambah kesuburan wanita, menguatkan otot rahim sehingga tidak mudah keguguran, mencegah penyakit keputihan, mengurangi lendir yang berlebihan, dan menambah gairah pada wanita.

Oleh : Harmonis Santara (dari berbagai sumber)





Tidak ada komentar: