“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Rabu, 23 Januari 2013

Terlalu Kurus, Jangan!


 Banyak orang, terutama wanita berusaha menjaga agar berat badannya tidak berlebihan atau terlalu gemuk. Alasannya selain terlihat tidak indah, juga rentan dengan berbagai risiko penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, diabetes, kanker, stroke, dan lain-lain. Tapi, hati-hatilah! Bila badan Anda terlalu kurus juga dapat berisiko mengalami berbagai penyakit yang tak kalah menakutkan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Mau tahu dampak badan terlalu kurus?

Seseorang disebut memiliki berat badan normal/ideal jika dia memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) 18-22. Orang dengan IMT kurang dari 17 disebut anoreksia (terlalu kurus), sedangkan IMT yang lebih dari 25 disebut obesitas (kegemukan). IMT dapat dihitung menggunakan formula: berat badan (kg)/tinggi badan (m)2. Beberapa dampak negatif  yang dapat muncul bila orang terlalu kurus antara lain:

Osteoporosis (Penipisan Jaringan Tulang atau Hilangnya Kepadatan Tulang)
Osteoporosis dapat terjadi bila tubuh tidak mampu membentuk jaringan tulang baru, atau tubuh menyerap terlalu banyak jaringan tulang yang telah ada. Dalam pembentukan jaringan tulang, kalsium dan fosfor merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, pada wanita, yang juga berperan penting dalam pembentukan tulang adalah hormon estrogen yang keberadaannya dipicu oleh lemak tubuh. Orang yang memiliki tubuh yang terlalu kurus akan memproduksi hormon estrogen dalam jumlah sedikit, sehingga risiko terkena osteoporosis dapat lebih besar.

Gangguan pada Reproduksi
Bagi wanita, terlalu kurus dapat menyebabkan tidak lancarnya siklus menstruasi, bahkan dapat terhenti sama sekali. Selain itu, terlalu kurus juga dapat mempersulit terjadinya konsepsi (pembuahan), sehingga sulit hamil atau sulit mempertahankan kehamilannya. Menurut studi yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine, 72% wanita hamil yang memiliki berat badan kurang berpeluang mengalami keguguran di tiga bulan pertama. Sedangkan pada pria, terlalu kurus dapat menimbulkan risiko disfungsi seksual hingga 22 kali lebih tinggi daripada orang dengan berat badan normal.

Anemia
Orang yang terlalu kurus dapat disebabkan nafsu makan yang rendah sehingga sangat mungkin kekurangan zat dan vitamin tertentu, seperti zat besi, vitamin B-12, dan asam folat yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Apabila seseorang kekurangan zat besi, vitamin B-12, dan asam folat, maka oksigen yang diangkut menuju organ tubuh tidak akan memadai. Akibatnya, penderitanya sering mengalami kelelahan, mudah pusing, lemah, dan sebagainya.


Rendahnya Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh sangat terkait dengan energi yang cukup. Pada orang yang terlalu kurus, biasanya energi yang masuk sedikit, sehingga sel-sel tubuh kurang maksimal dalam menghasilkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, orang yang terlalu kurus dapat lebih mudah terserang penyakit flu, bahkan penyakit berbahaya seperti kanker yang dimulai dengan aktivitas sel yang tidak normal.

Lalu, adakah solusinya? Bagi Anda yang memiliki IMT kurang dari 17 atau terlalu kurus dapat mengkonsumsi herbal GEMUK SEHAT dengan komposisi bahan-bahan alami yang berkhasiat antara lain: untuk menambah nafsu makan, membantu meningkatkan fungsi enzim pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan makanan di usus, menenangkan pikiran, mengurangi stress dan membuat lelap tidur. Dengan mengkonsumsi GEMUK SEHAT secara teratur sesuai dosis selama 1-2 bulan, insya Allah dapat meningkatkan nafsu makan sehingga asupan gizi bagi tubuh Anda akan terpenuhi. Khasiat GEMUK SEHAT yang dapat memperbaiki gangguan pada pencernaan dapat memicu tingginya penyerapan makanan di usus halus, sehingga peluang penambahan berat badan lebih besar. Jadi, bagi Anda yang terlalu kurus, tunggu apa lagi? 

Oleh: Harmonis Santara


  

Tidak ada komentar: