“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Sabtu, 06 April 2013

Inilah BROTOWALI yang Aman dan Berkhasiat Optimal

Di Pulau Jawa, tanaman obat ini sering disebut dengan putrawali atau daun gedel. Orang Sunda lebih mengenalnya dengan nama andawali. Sedangkan orang di pulau Bali dan Nusa Tenggara menamakannya antawali. Dalam bahasa Inggris batang tanaman dengan rasa pahit ini disebut bitter grape. Di China dikenal dengan nama shen jin teng. Secara nasional kita menyebutnya Brotowali. Brotowali berasal dari Asia Tenggara, dengan  wilayah meliputi wilayah Indo-Cina, Semenanjung Melayu, Filipina, dan Indonesia. Di Indonesia, brotowali banyak ditemukan di Pulau Jawa, Bali, dan Maluku. Secara tradisional brotowali sering digunakan sebagai obat demam pengganti kina. Kendati mudah dijumpai di hampir setiap wilayah serta memiliki manfaat yang banyak, ternyata tidak semua orang mengerti manfaat brotowali. Apa saja khasiat brotowali tersebut bagi kesehatan?

Manfaat brotowali paling banyak ditemukan pada batangnya. Banyaknya manfaat tumbuhan ini diduga berkaitan dengan banyaknya jenis senyawa kimia yang dikandungnya, seperti alkaloida, damar lunak, pati, glikosida, zat pahit, pikroretin, harsa, barberin, palmatin, kolumbin, dan jatrorhize. Kandungan alkaloid serta damar lunak pada brotowali dapat melumpuhkan bakteri pada luka, sehingga di Jawa brotowali biasa digunakan untuk mengobati luka pada koreng dan borok-borok yang sulit disembuhkan atau penyakit ganreng. Brotowali juga efektif mengobati rasa gatal pada kulit. Zat pahit pikroretin pada brotowali dapat merangsang kerja urat saraf sehingga organ pernapasan dapat bekerja dengan baik, karena itu brotowali ini juga cocok dikonsumsi oleh penderita gangguan pernapasan.
Di dalam Brotowali juga terkandung senyawa aktif tinokrisposid yang berkhasiat untuk mempercepat keluarnya glukosa melalui peningkatan metabolisme atau disimpan secara langsung sebagai lemak. Oleh karena itu, brotowali ini juga sering digunakan oleh penderita diabetes dan diyakini sebagai salah satu herbal untuk mengobati kencing manis (diabetes melitus). Hal ini pun diperkuat dengan sebuah penelitian dari RS King Chulalangkorn di Thailand terhadap 36 pasien yang diberi ekstrak brotowali, hasilnya menunjukkan penurunan gula darah yang signifikan.

Secara tradisional dan turun temurun, brotowali banyak dipakai untuk mengobati sakit perut, demam, sakit kuning, serta obat gosok untuk mengobati sakit punggung dan pinggang, serta rematik. Meskipun memiliki rasa yang sangat pahit, hasil uji klinis menunjukkan brotowali tidak beracun sehingga aman dikonsumsi dengan aturan yang tepat dan penggunaan yang bijaksana. Untuk lebih aman, bila tidak memiliki pengetahuan yang memadai, sebaiknya saat menggunakan berbagai tanaman herbal di sekeliling kita, termasuk brotowali konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Salah meramu, salah menentukan dosis, serta salah menentukan bagian mana yang akan digunakan, sangat memungkinkan munculnya dampak negatif. Akan lebih baik lagi bila Anda langsung menggunakan obat-obatan herbal yang memang sudah legal, dibuat produsen yang ahli dan terpercaya, serta sudah ditentukan dosis tepatnya.

Kini, Anda pun dapat merasakan berbagai manfaat dan khasiat brotowali bagi kesehatan dengan menggunakan kapsul herbal BROTOWALI yang dipasarkan oleh AHAD-NET. Brotowali yang dipasarkan oleh AHAD-NET telah melalui berbagai proses pengolahan yang sesuai Good Manufacturing Practice (GMP), terjaga higienitasnya, serta sudah disesuaikan dosisnya. Selain itu herbal BROTOWALI  di AHAD-NET sebelumnya telah melalui proses pengolahan bahan baku dengan selektif dan sangat mengutamakan kualitas, mulai dari proses panen bahan baku, pencucian dan pengeringan, hingga proses produksi. Insya Allah dengan sistem pengolahan yang sudah sesuai standar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), BROTOWALI yang dipasarkan AHAD-NET aman dikonsumsi dan memiliki kualitas serta khasiat yang unggul.

Anda pun dapat lebih nyaman mencegah atau mengobati berbagai penyakit seperti gatal-gatal, borok, rematik, pegal linu, gangguan pernapasan, kencing manis, sakit perut, kurang nafsu makan, dan sebagainya dengan BROTOWALI karena produk herbal ini memiliki izin edar dari BPOM dan bersertifikat halal dari LP POM MUI. Jadi, tunggu apa lagi?

Tidak ada komentar: