“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Selasa, 24 Maret 2009

Awas Demam Berdarah Mengintai, Waspadalah !!!



Bila Anda atau orang di sekitar Anda mengalami demam mendadak tanpa sebab yang jelas, disertai kemerahan di wajah dan leher serta muntah, timbul perdarahan, baik dari gigi, mulut, hidung, kulit, atau tinja, atau jika terjadi penurunan suhu secara tiba-tiba setelah beberapa waktu penderita mengalami demam kemudian diiringi dengan rasa gelisah, sakit perut, dan badan lemas, Hati-hati !!! Sangat memungkinkan ini menandakan Demam Berdarah Dengue (DBD) akan memasuki fase syok yang sangat berbahaya.

Demam berdarah adalah penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus dengue. yang masuk ke dalam pembuluh darah dan menyerang dinding pembuluh darah. Di dalam tubuh terjadi reaksi yang kompleks, dan mengakibatkan kebocoran pembuluh darah. Akibatnya terjadi penurunan jumlah trombosit.

Jika hal ini tidak ditanggulangi, akan terjadi perdarahan saluran cerna yang ditandai dengan warna tinja yang hitam. Terjadi pula perdarahan pada organ tubuh lain seperti ginjal dan paru-paru, serta pada stadium akhir dapat terjadi muntah darah. Resikonya adalah kematian.

Media penular penyakit DBD adalah gigitan nyamuk Aedes aegypti / Aedes albopictus betina yang sebelumnya telah membawa virus dalam tubuhnya dari penderita demam berdarah lain. Nyamuk ini sering menggigit manusia pada waktu pagi dan siang hari.

Demam berdarah sangat rentan menyerang pada musim hujan sampai menjelang musim kemarau. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi mewabahnya serangan demam berdarah pada masa seperti itu di antaranya : melakukan penutupan tempat-tempat penampung air, menguras bak mandi secara teratur untuk menghindari berkembangnya bintik nyamuk, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air agar tidak menjadi sarang dan tempat berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah. Dapat juga memasukkan serbuk abate ke dalam tempat penampungan air di rumah sehingga nyamuk penular DBD ini tidak dapat berkembang biak.

Selain upaya di atas, daya tahan tubuh juga sangat menentukan dalam pencegahan terjangkitnya demam berdarah. Tubuh yang memiliki daya tahan yang kuat pada tahap awal akan melawan virus demam berdarah dengan menetralisirnya. Daya tahan tubuh yang lemah akan membuat gagalnya proses netralisir virus oleh tubuh, dan menyebabkan virus akan menganggu fungsi pembekuan darah sehingga timbullah perdarahan. Karena itu dibutuhkan asupan makanan yang kaya gizi dan vitamin yang cukup sehingga daya tubuh akan lebih kuat.

Di musin hujan dan menjelang pancaroba seperti sekarang ini, penyakit DBD mengancam dan berpotensi menjangkiti kita, keluarga dan orang-orang di sekitar kita. Cegah demam berdarah dengan mengkonsumsi Nigella Plus. Nigella Plus dengan kandungan bahan alaminya dapat menjadi perangsang energi tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan. Nigella Plus juga diformulasikan dengan ginseng yang berfungsi sebagai adaptagon yang menormalisasi fungsi organ tubuh dan menambah stamina. Dengan mengkonsumsi Nigella Plus juga akan merangsang terbentuknya sel-sel kekebalan, dan akan menormalisasi efek virus yang merusak, meningkatkan jumlah antibody sehingga tubuh akan memiliki daya tahan lebih dari serangan berbagai penyakit. Jadi dengan Nigella Plus, Insya Allah DBD dapat dicegah.

Oleh : Harmonis Santara

Tidak ada komentar: