“… DAN DIA (ALLAH) JADIKAN SETIAP PENYAKIT ADA OBATNYA, MAKA BEROBATLAH KALIAN, TETAPI JANGAN BEROBAT DENGAN YANG HARAM.’’ (HR. ABU DAUD)

Selasa, 28 April 2009

Dengan HILBA PLUS Penderita Wasir Akan Lebih Nyaman


Wasir atau hemorrhoids adalah penyakit yang timbul karena melebarnya pembuluh darah di sekitar anus akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh darah ini ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, yang akan membengkak dan membentuk tonjolan.

Faktor pemicunya antara lain adalah mengejan berlebihan saat buang air besar, masa kehamilan, batuk dan bersin yang keras, serta mengejan saat melahirkan, atau karena faktor keturunan, seperti terdapat kelemahan klep pada pembuluh darah balik, sehingga tidak dapat menghambat aliran balik dari darah wasir. Pemicu lainnya adalah kegemukan serta sering mengangkat beban berat yang menyebabkan tekanan pada pembuluh darah balik di sekitar rektum dan dubur.

Anda harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gatal dan nyeri di permukaan dubur, keluarnya lendir atau darah bersama kotoran, terdapat tetesan darah segar dari dubur, terdapat benjolan lunak di permukaan dubur, dan pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga perderita sulit duduk. Karena boleh jadi tanpa disadari Anda telah mengidap wasir.

Beberapa langkah antisipasi agar wasir tidak bertambah berat adalah dengan melakukan hal-hal berikut :

  • Untuk mengurangi nyeri, berendam dengan air hangat akan sangat membantu.
  • Selalu mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur-mayur, dan menghindari minuman beralkohol
  • Jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat
  • Minumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari
  • Jangan menggosok-gosok dubur agar tidak terjadi luka
  • Bila ingin buang air besar jangan ditahan-tahan dan jangan pula memaksa untuk buang air besar.
  • Hindari berlama-lama di toilet saat buang air besar, misalnya sambil membaca, karena kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan di daerah dubur.
  • Lakukan olah raga dengan teratur.

Untuk membantu meringankan penderitaan orang yang terkena wasir, atau langkah pencegahan agar tidak terkena wasir adalah dengan menggunakan HILBA PLUS. HILBA PLUS mengandung serat (musilago) yang merupakan substansi makanan yang tidak secara spesifik mengandung gizi tetapi sangat dibutuhkan untuk mekanisme dan kesehatan usus. HILBA PLUS dapat memenuhi kebutuhan serat orang dewasa yang memerlukan minimal 25-35 gram sari serat untuk membantu pencernaan. Kandungan serat alami yang ada dalam HILBA PLUS mencapai 39,2 % dan memungkinkan menurunkan kolesterol dengan cara mengikat lemak/kolesterol dalam usus halus sehingga menimbulkan efek kenyang dan cocok untuk program diet. Musilago dalam HILBA PLUS ini juga efektif melapisi dinding bagian dalam saluran pencernaan dan melindungi dari iritasi, keasaman dan peradangan. Musilago dalam HILBA PLUS membantu membuat kotoran menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan, sehingga efektif mencegah sekaligus mengurangi penderitaan akibat wasir. Karena itu, cegahlah dan sembuhkanlah wasir dengan HILBA PLUS.

Oleh : Harmonis Santara

Tidak ada komentar: